Pemerintah Provinsi Maluku Apresiasi Hasil Praktek 27 Mahasiswa Internasional di Kabupaten SBB

Ambon-Pemerintah Provinsi Maluku mengpreasiasi hasil praktek mahasiswa dari 27 negara yang tergabung dalam Asosiasi Mahasiswa Internasional (AIESEC),  yang telah membantu Pemerintah daerah mengedukasi masyarakat di tiga Negeri,yakni Negeri Kaibobu, Tuhulelale dan Naniweli, Kabupaten Seram Bagian Barat.

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Maluku, Angky Renyaan mengakui, selama tiga bulan melakukan praktek lapangan di Kaibobu, Tihulale dan Niweli banyak manfaat serta ilmu yang diberikan kepada warga.

Ia mencontohkan, keberadaan para mahasiswa difasilitasi Yayasan Citra Kasih Abadi, telah mengedukasi masyarakat untuk mengolah limbah sampah menjadi bahan produktif, edukasi bidang pariwisata, transportasi dan kesehatan.

Renyaan mengakui, kendati terbatasanya waktu praktek yang hanya tiga bulan tetapi telah memberikan banyak pengetahuan kepada masyarakat salah satunya dengan turut mengajarkan bahasa inggris kepada masyarakat tanpa batas usia dimana para mahasiswa ini berpraktek.

Apa yang dikerjakan selama tiga bulan menurut Renyaan, hasilnya hampir menyamai yang dilakukan selama lima tahun oleh Pemerintah.

Selama melakukan praktek lapangan di Kaibobu, Tihulale dan Naniweli banyak hal yang di temukan. Temuan itu mereka tuangkan dalam bentuk rekomendasi baik kepada Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat terutama Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, diantaranya memperbaiki kualitas pendidikan serta kualifikasi guru.

Renyaan berharap, ilmu yang telah diberikan selama mahasiwa Internasional melakukan praktek dapat di gunakan oleh masyarakat untuk mengambangkan diri dan negeri dengan baik.

Diberitakan sebelumnya sembilan Mahasiwa internasional mengedkukasi masyarakat Tihulale melalui Program Wonderfull Tihulale Sesion III yaitu melatih warga setempat memilah sampah untuk didaur ulang.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *