Pemerintah Provinsi Maluku Target 2019 Tingkat Kemiskinan Turun 12%

Ambon-Wakil gubernur Maluku Z.Sahuburua mengatakan, pemerintah provinsi Maluku akan berusaha agar setiap tahunnya tingkat kemiskinan di Maluku turun  sebanyak 2%. Dan diharapkan pada tahun 2019 nanti, tingkat kemiskinan akan menurun antara 11,5% hingga 12%.

Sahuburua mengatakan untuk mewujudkan harapan tersebut maka diharapkan ada hubungan kerja yang baik dari seluruh elemen baik pemerintah maupun masyarakat serta ada koordinasi dan kerjasama antara pemerintah provinsi Maluku dan pemerintah kabupaten kota.

Dijelaskannya, jika ada kerjasama dan koordinasi yang baik, maka masalah kemiskinan minimal dapat ditanggulangi walupun tidak seluruhhnya dalam waktu yang singkat. Karena dalam sebuah proses perlu didukung dengan pemantapan. Walaupun demikian, dirinya tidak menampik bahwa pemerintah provinsi Maluku selalu berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten kota.

Menurut Sahuburua, akhir Januari 2016 diharapkan seluruh  data yang terkait dengan masalah kemiskinan di Maluku sudah diterima dari kemnetrian sosial di pusat. Tambahnya, data tersebut didasarkan pada hasil survey dari badan pusat statistik. Jika data-data tersebut telah diperoleh, maka dirinya bersama badan perencanaan pembangunan daerah (Bappeda) Maluku akan melakukan koordinasi bersama seluruh wakil bupati dan wakil walikota se-Maluku dalam hal ini sebagai ketua tim penanggulangan kemiskinan di kabupaten kota masing-masing.

Koordinasi yang dilakukan lanjutnya, akan mesinkronkan data  masyarakat yang benar-benar miskin, sehingga pada saat APBD disahkan, pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten kota dapat melihat kabupaten kota mana yang belum tersentuh program kemiskinan.

Diakuinya, anggaran yang akan diberikan kepada masing-masing kabupaten kota sangat bervariasi tergantung dengan presentase kondisi kemiskinan di masing-masing kabupaten kota.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *