Pemindahan Ibukota Provinsi Maluku Ke Pulau Seram Kembali Mengemuka

Ambon-Rencana pemindahan ibukota Provinsi Maluku dari Kota Ambon ke Pulau Seram kembali mengemuka  saat dilakukan rapat koordinasi antar SKPD di lingkup pemerintah provinsi Maluku.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan provinsi Maluku  M.Z. Sangadji, usai mengikuti rapat tersebut mengatakan, pemindahan pusat pemerintahan dari kota Ambon ke pulau Seram, seharusnya sudah bisa dilanjutkan, karena telah ada peletakan batu pertama oleh gubernur Maluku sebelumnya yaitu Karel Albert Ralahalu.

Langkah ini dinilai Sangadji sudah saatnya dilakukan  guna mengurangi tingkat kepadatan kota Ambon. Pulau Seram adalah lokasi yang dianggap layak untuk dijadikan pusat pemerintahan.

Pulau Seram memiliki letak wilayah yang strategis, serta lahan yang sangat luas untuk dtempati dan digunakan untuk pembanguan berbagai kebutahan sarana dan prasarana pemerintahan serta fasilitas umum lainnya.

Kota Ambon menurut Sangadji sudah sangat padat dan sulit untuk dilakukan pengembangan pembangunan jangka panjang.

Seperti diketahui, rencana pemindahan ibukota provinsi Maluku telah digagas puluhan tahun lalu. Pada masa pemerintahan gubernur Kerel Albert Ralahalu, telah dilakukan peletakan batu pertama pencanangan pemindahan pusat pemerintah.

Kelompok masyarakat adat di Pulau Seram pun dengan ikhlas telah menghibahkan sebagian tanah mereka untuk dijadikan lahan pembangunan kantor gubernur Maluku.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *