Pemkot Akan Seleksi 80 Orang Guru Untuk Jabatan Kepala Sekolah SD

Ambon-Kepala Badan Kepegawaian kota Ambon, Benny Selanno mengungkapkan terkait dengan perekrutan calon kepala sekolah pada sejumlah SD di kota Ambon yang memasuki masa purna bakti, maka pemerintah kota Ambon lewat BKK Ambon tahun 2016 akan melakukan seleksi kepala sekolah.Untuk jumlah hingga saat ini yang dibutuhkan untuk mengisi kekosongan jabatan kepala sekolah tingkat sekolah dasar berjumlah kurang lebih 80 orang.

Dijelaskan Selanno, seleksi yang akan dilakukan diprioritaskan bagi kepala sekolah SD negeri  maupun swasta yang berada di bawah tanggungjawab pemerintah kota Ambon.

Sejauh ini menurutnya, kesiapan  yang dilakukan terkait seleski kepala sekolah adalah kerjasama yang dilakukan bersama  lembaga LP2TK Solo, karena lembaga tersebut telah memperoleh lisensi  resmi dari menteri pendidikan nasional untuk merekrut serta menyeleksi kepala sekolah. Selain lembaga LP2TK, ada juga  lembaga LPMP provinsi Maluku yang bersama-sama akan meramu berbagai persyaratan dalam seleksi dimaksud.Hasil dari seleksi para guru akan diberikan sertifikat dimana sertifikat tersebut dapat digunakan di seluruh Indonesia.

Seleksi kepala sekolah berdasarkan peraturan menteri pendidikan nasioan nomor 28 tahun 2010 yang mengatur tentang tata cara pengangkatan kepala sekolah, dimana dengan tegas dinyatakan setiap PNS yang akan diangkat dalam jabatan tambahan sebagai kepala sekolah wajib mengikuti seleksi dan dinyatakan lulus dalam seleski tersebut oleh panitia seleksi.

Regulasi yang mengatur hal tersebut menurut Selanno sangat diperlukan karena seseorang yang akan menududki jabatan fungsional maupun struktural terutama jabatan tambahan sebagai kepala sekolah harus berdasarkan pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku, sehingga tidak tercermin mengangkat kucing dalam karung. Pengangkatan seorang calom pemipin harus memiliki syarat bertanggungjawab, loyal, berpengetahuan tentang fungsi tugas dan tanggungjawab jabatannya.

Dijelaskannya, seleski dibuka bagi guru yang  memenuhi syarat bermental baik, loyalitas, dedikasi tangungjawab. Oleh sebab itu, dirinya meminta kepada kepala sekolah yang ada untuk tidak segan memberikan rekomendasi kepada guru yang memiliki persyaratan tersebut.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *