Pemkot Ambon Dorong Desa Bentuk Warnet Gratis

Ambon- Pemerintah Kota Ambon, Maluku, mendorong setiap desa dan negeri di Ambon membentuk warung internet gratis bagi warga.

“Penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa saya dorong untuk pembentukan warung internet di desa dan negeri di Kota Ambon.Jika selama ini dana desa diperuntukan untuk infrastruktur, pada 2018 harus diperuntukan untuk warung internet gratis,” kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy di Ambon, Jumat.

Menurut dia, saat ini teknologi menjadi kebutuan penting bahkan menjadi sarapan pagi masyarakat, karena itu jika tidak dimanfaatkan maka dipastikan akan tertinggal.

“Kenapa hal ini saya dorong karena saya tidak menginginkan anak-anak Ambon tertinggal dalam hal penguasaan teknologi internet, paling tidak dengan adanya warung internet gratis dapat membantu mereka dalam mengerjakan tugas,” ujarnya.

Richard menjelaskan, warung internet gratis dapat diwujudkan melalui “sharing wifi” atau sistem apapun yang hanyalah masalah teknis, tetapi dapat dipecahkan dengan teknologi yang ada saat ini.

Yang masih menjadi kendala saat ini yakni mindset masyarakat dan pemerintah daerah yang belum terbuka tentang internet, terutama untuk kemudahan administrasi laporan pertanggungjawaban dana desa.

“Selama ini anggaran digunakan untuk pembangunan berbentuk fisik seperti membangun jembatan, pengaspalan jalan, saluran irigasi, dan pembanguna berbentuk fisik lainnya,” katanya.

Ia mengakui, internet hanya alat dan pasti akan bermanfaat di tangan yang tepat dan akan merusak jika digunakan tidak semestinya.

“Banyak kemanfaatan yang didapat dengan adanya akses internet yang masif sampai ke desa, yakni bisa jadi desa sebagai vendor penyedia jasa terhadap kebutuhan pasar,” tandas dia.

Pihaknya berharap, penerapan warung internet di desa dan negeri di Ambon dipastikan akan menjadi faktor penentu setara antara desa dengan kota.

“Yang terpenting adalah anak sekolah di Ambon terutama yang kurang mampu dapat memanfaatkan fasilitas ini, ” kata Richard.(DMS-Antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *