Pemkot Canangkan Bulan Pelaksanaan RAT Bagi Koperasi Di Kota Ambon

Ambon-Pencanangan bulan pelaksanaan rapat anggota tahunan (RAT) diharapkan dapat memberikan motivasi kepada pengurus koperasi di kota Ambon untuk menyelenggarakan RAT. Demikian diungkapkan Kepala dinas Koperasi dan UMKM kota Ambon, Rina Purmiasa dalam kegiatan pencanangan bulan pelaksanaan RAT  dan rapat anggota tahunan (RAT) tutup buku tahun 2015 koperasi Pemuda Tri Karya, Sabtu pagi.

Menurutnya, Hal ini juga dikaitkan dengan dicanangkannnya tahun 2016 sebagai tahun partisipasi masyarakat “Ambon Ceria 2016” sehingga membuka kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi membangun kota Ambon.

Purmiasa menjelaskan,koperasi merupakan lembaga   yang dikelola  secara demokratis,  akuntabel dan transparan sehingga rapat anggota tahunan (RAT) menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pengurus koperasi. Selain merupakan kewajiban, RAT juga  menjadi sebuah cerminan koperasi  untuk satu periode akutansi.

Diuraikannya,sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, koperasi wajib menyelenggarakan rapat anggota tahunan (RAT) selambat-lambatnya 9 bulan setelah tutup tahun buku, sementara untuk koperasi primer dilaksanakan pada bulan Maret dengan tujuan memberikan kesempatan kepada koperasi sekunder bulan April hingga Juni dalam rangka membahas rancangan belanja koperasi yang harus dilakukan pada awal tahun,sehingga program koperasi memperoleh legitimasi dan  dapat berjalan sesuai dengan hasil keputusan dalam rapat anggota tahunan.

Diungkapkannya, penyelenggaraan rapat anggota tahunan koperasi di kota Ambon pada umumnya belum memuaskan disebabkan karena jumlah koperasi yang mneyelenggarakan RAT baru sebagian kecil. Walaupun demikian pemerintah kota Ambon lewat dinas Koperasi dan UMKM terus menerus memberikan dorongan,penguatan,himbauan melalui media, bimbingan teknik serta pendampingan kepada pengurus koperasi dalam rangka mempersiapkan rapat anggota tahunan.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *