Pemkot Prioritaskan Penyaluran Dana Desa Pada APBD Perbahan

Ambon-Walikota Ambon Richards Louhenapessy menyatakan, Pemerintah Kota Ambon akan memprioritaskan penyaluran anggaran Dana Desa (DD) pada APBD Perubahan.

Saat ini anggaran Dana Desa Kota Ambon, menurut Walikota mengalami peningkatan 20 persen di tahun 2017 sebesar Rp28,4 miliar atau naik sebesar Rp6,8 miliar dibandingkan tahun 2016 sebesar Rp21,6 miliar.

Dana Desa tahun 2017 akan disalurkan dalam dua tahap yakni tahap pertama 60 persen atau Rp17 miliar dan tahap kedua sebesar 40 persen atau Rp11,4 miliar

Louhenapessy berharap, masyarakat melakukan pangawasan terhadap pemanfaatan DD dan ADD yang peruntukan untuk membangun masyarakat dan desa yang lebih baik mengingat pengawasan bukan hanya tugas dari pemerintah kota Ambon, namun dilakukan bersama, baik masyarakat termasuk juga aparat penegak hukum .

Pengelolaan secara tranaparan dan akuntabel juga diharapkan dilakukan oleh pemerintah desa/negeri dengan memasang baliho yang mencantumkan program perencanaan pembangunan desa, agar masyarakat mengetahui.

Ditambahkannya, saat ini yang terjadi dalam anggaran induk baru dialokasikan Rp15 miliar, sehingga kekurangannya Rp56 miliar. Jumlah tersebut akan diakomodir di APBD Perubahan.

Sesuai aturan, pembangunan desa anggaran harus diakomodir dan disesuaikan dengan rumus dana desa yakni 10 persen yang diperoleh dari dana transfer dikurangi Dana Alokasi Khusus (DAK).DMS

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *