Pemprov Maluku Terapkan Sistem e-Cuti Online ASN

Ambon-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku mulai menerapkan siistem e-Cuti secara online bagi seluruh ASN pada 36 SKPD lingkup Pemrov setempat.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Maluku, Femy Sahetapy mengatakan, system E-cuti secara online mulai diberlakukan 1 November bagi seluruh ASN, untuk mempermudah pengajuan izin cuti.

Menurutnya dengan diterapkan e-Cuti online maka izin untuk cuti yang pengusulanya secara manual selama ini tidak lagi digunakan.

Sahetapy mengatakan, Jika nantinya sistem ini dijalankan maksimal dan bisa digunakan oleh ASN lingkup Pemprov Maluku, akan dilanjutkan dengan penerapkan  sistim lain secara bertahap.

Menurut Sahetapy, untuk tahap awal Bimtek difokuskan hanya untuk satu fitur program e-Cuti yakni cara pengisian data cuti ASN. Sedangkan untuk Bimtek pengisian data,  mutasi, kenaikan pangkat maupun kenaikan berkala akan dilakukan berikutnya.

Penerapan teknologi informasi dalam pengolahan data saat ini, menurutnya mutlak diupayakan semenjak keterdesakan akan kebutuhan informasi yang aktual serta akurat dalam pengambilan keputusan.

Pemanfaatan teknologi informasi pada setiap kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dilaksanakan untuk menuju good governance. Konsep good governance ini memerlukan sistem yang mampu mengakomodir kebutuhan pelayanan yang cepat, tepat dan tidak berbelit-belit.

Femy mengatakan, dengan penggunaan sistem informasi dimungkinkan adanya otomatisasi pekerjaan dan fungsi pelayanan untuk mewujudkan pelayanan yang baik termasuk otomatisasi dalam penanganan sistem kepegawaian.

Aplikasi sistem informasi Kepegawaian merupakan perangkat lunak yang akan membantu mengorganisir data dalam proses akuisisi, eksekusi hingga retrivasi data.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *