Pemprov Maluku, TNI/Polri Halal Bi Halal Bersama Masyarakat Maluku

Ambon-Pemda Provinsi Maluku, TNI/Polri gelar Halal Bihalal bersama masyarakat Maluku berlangsungng di Gedung Islamic Centre, kawasan Waihaong, Kecamatan Nusaniwe, Selasa (4/07).

Gubernur Maluku Said Assagaff mengatakan, kegiatan Halal Bihalal merupakan media silahturahmi antara sesama anak bangsa yang berbeda idiologi, suku maupun agama.

Menurut Assagaaff, kegiatan Halal Bihalal itu tidak ditemukan di negara manapun yang ada di dunia. Hal itu tampak jelas bahwa nilai-nilai sosialis religius di dalam kehidupan sehari-hari khususnya di Maluku, kebersamaan dalam mensukseskan kegiatan keagamaan telah mendarahdaging dalam kehidupan masyarakat di Maluku dan sudah menjadi bahan kearifan lokal Maluku.

Dijelaskan, kesadaran kolektif tentang hidup orang basudara merupakan modal sosial kultural yang memiliki peran sangat penting untuk saling memafkan , saling mengasihi, saling membanggakan, saling menopang dan saling menghidupkan.

Assagaf berharap, agar masyarakat di daerah ini dapat terus menjaga tali persaudaraan yang ada, dan kembali mengingatkan, agar jangan ada lagi saling memusuhi antara satu dengan yang lain baik antar kelompok maupun antar negeri bertetangga.

Assagaff mengakui, masyarakat di Maluku semakin menjunjung tinggi nilai kebersamaan yang disebut Pela Gandong oleh karena itu, Ia mengajak masyarakat menjadi contoh kerukunan dan menjadikan Maluku sebagai Laboratorium Kerukunan Umat Beragama.DMS

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *