Penambahan Tenaga Medis Puskesmas MTB Secara Bertahap

Ambon-Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) akan melakukan penambahan tenaga medis di sejumlah Puskesmas di daerah itu secara bertahap mulai awal 2016. Demikian dikatakan  Kadis Kesehatan MTB, dr. Juliana Ratuanak.

Penjelasan tersebut berkaitan dengan adanya keluhan warga desa Lumasebu, Kecamatan Kormomolin atas pelayanan kesehatan di Puskesmas setempat yang belum maksimal karena hanya terdapat satu tenaga mantri kesehatan, dihadapkan beberapa warga setempat saat ini menderita penyakit diare.

Menurut dia, tenaga kesehatan untuk setiap Puskesmas dan Pustu itu memang diatur, dan Dinkes akan memenuhi kuota tersebut secara bertahap berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes)No.78 sehingga pelayanan kesehatah bagi masyarakat dapat ditingkatkan.

dikatakannya minimal dua tenaga ditempatkan untuk satu Puskesmas berdasarkan Permenkes No.78. Namun, itu tergantung kesediaan dan kemampuan daerah dalam menyediakan pelayanan tersebut.

Pada tahun anggaran 2016, Dinkes MTB mengangkat selain tenaga perawat, juga harus disiapkan satu tenaga bidan sehingga kebutuhan tenaga paramedis di setiap Puskesmas bisa terpenuhi.

Saat ini DPRD MTB juga sudah merekomendasikan penambahan tenaga paramedis dalam bentuk tenaga kontrak, sehingga Dinkes mencoba memenuhi secara bertahap dengan tidak mengabaikan tenaga strategis lainnya.(Antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *