Dishub Maluku Fokus Pada Pengembangan Transportasi Laut

Ambon-Dinas Perhubungan terus melakukan pembenahan guna meningkatkan konektivitas moda transportasi pada semua wilayah di Maluku.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Frans Papilaya mengatakan, prioritas Dinas Perhubungan khususnya di provinsi Maluku akan lebih difokuskan pada pengembangan sarana dan prasarana transoprtasi laut. Hal ini dilakukan mengingat kondisi georafis Maluku yang 93 persennya  adalah laut.

Oleh karena itu salah satu fokus Dinas Perhubungan Provinsi Maluku adalah membangun soliditas, sinergitas serta bekerja bersama, mulai dari pusat, provinsi hingga ke kabupaten/kota dalam rangka mewujudkan koneksitas antar satu pulau dengan pulau yang lainnya, sehingga arus transportasi untuk mengangkut manusia sert barang dan jasa dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Selain meningkatkan sarana dan prasarana transportasi laut berupa penyedian kapal-kapal dan pembangunan berbagai pelabuhan, pihaknya juga fokus melakukan peningkatan pembangunan sarana transportasi darat berupa jalan serta pembangunan lapangan terbang untuk transportasi udara di berbagai kabupaten/kota di provinsi Maluku.

Sementara itu kepala Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) III Wilayah Maluku, Herman Armanda mengatakan, guna menunjang program Tol Laut dari Presiden Joko Widodo, maka pihaknya akan melakukan inventarisasi sejumlah dermaga penyeberangan yang ada di provinsi Maluku guna ditingkatkan pembangunannya melalui dana APBN.

Lebih lanjut dikatakannya, BPTD bekerja fokus pada mengelola dan mengembangkan prasarana perhubungan darat di wilayah Maluku. Dengan demikian, kehadiran BPTD diharapkan meningkatkan pelayanan melalui pembenahan pada terminal tipe A dan jembatan timbang, baik dari sisi peralatan maupun personil

Tugas dan tanggung jawab Badan Pengelola Transportasi Darat

Seperti diketahui, BPTD merupakan unit pelaksana teknis (UPT) di lingkungan Kemenhub yang bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Perhubungan Darat.

Tugas dan tanggung jawab BPTD yang tersebar di seluruh Indonesia termasuk di provinsi Maluku adalah  mengelola terminal tipe A, jembatan timbang, pelabuhan penyeberangan, sampai dengan pengawasan bus antar-kota antar-provinsi (AKAP) dan angkutan sewa di wilayahnya masing-masing.DMS

11 Program Strategis Maluku Yang Telah Disetujui Presiden

Percepatan Pembangunan Pelabuhan Laut maupun Dermaga Feri

Pemerintah Maluku Akan Fokus Pada Pembangunan Sektor Kelautan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *