Perbankan Diimbau Sosialisasikan Perppu Akses Informasi Keuangan

 

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku mengimbau perbankan menyosialisasikan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2017 tentang Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan.

“Kami mengimbau bank-bank yang ada di daerah ini menyosialisasikan peraturan tersebut kepada seluruh nasabah dengan menghadirkan nara sumber dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Ambon,” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku Bambang Pramasudi di Ambon, Kamis, usai mengikuti sosialisasi Perppu Nomor 1 Tahun 2017 kepada perbankan dan sebagian nasabah.

Memang Kamis ini, sosialisasi dilaksanakan hanya menghadirkan perwakilan dari bank-bank yang ada di daerah ini dan sebagian nasabah, namun kami harapkan bukan sampai di situ saja.

“Karena itu kami mengimbau supaya masing-masing bank juga melakukan kegiatan yang sama kepada nasabah,” ujarnya.

Pihaknya hanya mengundang perwakilan nasabah dari tiap-tiap bank sebanyak lima orang saja. Ia yakin setiap bank di daerah itu mempunyai nasabah yang banyak, seperti Bank BCA dan Bank Mandiri yang mencapai ribuan nasabah.

“Karena itu, perlu adanya kegiatan sosialisasi, sebab belakangan ini dana pihak ketiga atau dana masyarakat yang tersimpan di perbankan semakin menurun,” katanya.

Menurut dia, salah satunya penyebabnya adalah fenomena kekhawatiran nasabah menempatkan dananya di bank akibat adanya peraturan terkait akses informasi dari sistim pajak.

Karena itu, lanjutnya, supaya tidak terjadi miskomunikasi atau salah presepsi di antara nasabah dan perbankan, harus dilakukan sosialisasi Perppu Nomor 1 Tahun 2017 terkait akses informasi sistem keuangan untuk kepentingan perpajakan.(DMS_ANTARA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *