Petisi Penentang Budi Waseso Akan Disampaikan ke Jokowi

JAKARTA-Petisi yang mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mencopot Komjen Pol Budi Waseso dari jabatannya sebagai Kabareskrim sudah mencapai dukungan hingga 17.200.

Petisi dengan alamat www.change.org/copotbuwas ini akan disampaikan kepada Presiden Jokowi.

“Kita terus jalankan petisi itu dan sejauh ini sudah mencapai 17 ribu ya. Tentu kita akan sampaikan ke Presiden untuk jadi bahan pertimbangan Presiden dalam rangka mencopot Buwas sebagai Kabareskrim,” tutur Direktur Lingkar Madani (LIMA), Ray Rangkuti saat dihubungi Okezone, di Jakarta, Jumat (24/7/2015).

Salah satu inisiator petisi Copot Buwas ini, mengungkapkan dasar pihaknya membuat petisi untuk Presiden Jokowi itu, lantaran Buwas sapaan akrab Budi Waseso telah melakukan setidaknya tujuh kesalahan krusial.

“Kalau dihitung dari awal ada tujuh yang krusial, hal-hal yang kita anggap menjadi dasar untuk kita membuat petisi ini. Pertama tentu tentang adanya dugaan kriminalisasi terhadap 49 aktivis antikorupsi, kedua soal ingkarnya beliau melaporkan LHKPN,” bebernya.

Kemudian, ketiga kata Ray, yaitu tidak diindahkannya laporan Komnas HAM, keempat laporan Ombudsman Republik Indonesia pun tak diproses. Selanjutnya kesalahan kelima soal pernyataan jenderal bintang lima itu yang terasa tak pantas dilontarkan.

“Keenam dia juga menyatakan bahwa KUHP di atas UU KPK, dan terakhir ketujuh seolah-olah dia mengabaikan intruksi Presiden supaya tak dilakukan kriminalisasi, tapi faktanya jutru sebaliknya. Ini cukup fantastis dan kasusnya juga ecek-ecek,” ungkapnya.okezone.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *