Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Musnahkan 8.000 Liter Miras Tradisional

Ambon-Bertepatan dengan HUT Bhayangkara ke-71 tahun 2017, Kepolisian Resort Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, memusnhakan sebanyak 8.000 liter miras tradisional jenis sopi.

Pemusnahakan ribuan liter miras ini dilakukan, dengan cara merusak wadah dan menumpahkanya dalam selokan di area parkir Mapolres Ambon.

Miras tersebut merupakan hasil operasi rutin yang dilaksanakan selama bulan Juni 2017.

Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Sucahyo Hadi, menjelaskan ratusan liter miras yang dimusnahkan, didapat dari hasil operasi rutin yang dilaksanakan Polres Ambon dan jajaran guna mendukung cipta kondisi Ambon yang aman dan damai.

Jika dirupiahkan nilai 8000 liter miras ini sebesar Rp.180 juta,lebih banyak dari yang pernah dimusnahkan sebelumnya.

Menurut dia, miras yang dimusnahkan disita di sejumlah lokasi untuk kurun waktu satu bulan terakhir yakni saat Ramadhan hingga lebaran 1438 Hijriah.

Ia mengakui, cukup banyak kasus-kasus kriminal seperti pemalakan, penganiayaan, kekerasan bersama, bentrok antarpemuda dari kampung berbeda hingga kasus kejahatan seksual dipicu oleh pengaruh miras.

Kapolres menambahkan, selain produksi miras dari warga pulau Ambon, ribuan liter miras yang disita, juga didatangkan dari Pulau Seram Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat serta Kabupaten Maluku Tenggara dan di Kabupaten Maluku Barat Daya, dengan cara dikemas dalam berbagai wadah seperti jerigan, plastik es ukuran besar dan panjangnya hingga lebih dari dua meter. DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *