Ratusan Kendaraan Kembali Terjaring Razia Dinas Perhubungan Kota Ambon

Ambon-Ratusan supir angkutan kota di Ambon yang tidak memiliki surat kelengkapan kendaraan terjaring razia gabungan Dinas Perhubungan Kota Ambon, Selasa (11/07) yang digelar sejak pagi hingga siang hari.

Razia dipusatkan di kawasan Jalan Dr Sitanala (Talake), Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Dalam razia ini, seluruh kendaraan diperiksa buku wajib uji kendaraan atau CER terhadap angkutan umum dan angkutan barang.

Razia ini dilakukan untuk menjaring sejumlah kendaraan yang diduga bodong alias tanpa surat-surat resmi, yang dimiliki pengendaranya.

Dalam kegiatan tersebut, Dishub mengerahkan petugas pengawas dan pengendalian (Wasdal), dengan diampingi aparat kepolisian dari Polres Pulau Pulau Lease dan Aparat TNI.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon Piet Saimima, menjelaskan, operasi penertiban dilakukan terhadap semua jenis kendaraan umum yang tidak memiliki kelengkapan surat surat kendaraan.

Dalam operasi ini petugas tidak semata-mata menyasar kelengkapan adminsitrasi tetapi juga kelayakan kendaraan.

Menurut Saimima, tujuan dari operasi ini untuk meminimalisir angka kecelakaan sekaligus untuk memberikan rasa nyaman bagi masyarakat baik yang menggunakan kendaraan angkutan umum maupun kendaraan angkutan barang.

Petugas juga melakukan penertiban kendaraan angkutan umum yang menyalakan sound system melebihi batas normal, karena selain membuat sakit kuping juga bisa mengakibatkan kemungkinan fatal bagi mereka yang menderita sakit jantung.

Saimima menjelaskan razia akan dilakukan secara kontinyu dengan lokasi yang berbeda-beda. Hal itu dilakukan dengan maksud agar para pemilik termasuk supir dapat melengkapi semua surat-surat kendaraan.

Hasil pemantauan dilapangan petugas melakukan pemeriksaan satu persatu surat kelengkapan kendaraan diperiksa seperti, Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Izin KIR Kendaraan. Supir yang tidak memiliki surat lengkap langsung ditilang di tempat.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *