Rencana Pemerintah Menaikan Dana Parpol Disambut Baik DPRD

Ambon-Rencana pemerintah  menaikkan dana bantuan kepada parpol dari Rp108 per suara menjadi Rp1.000 per suara disambut baik oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Lembaga legislatif tersebut menilai kenaikan dana parpol bisa meningkatkan kualitas partai politik.

Ketua DPRD Maluku, Edwin Aldrian Huwae mengatakan, rencana ini bisa menjadi peluang untuk meningkatkan kualitas partai politik.

Menurut Huwae, yang juga politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) jika rencana ini direalisasikan, berdampak bagi pengembangan dan juga keleluasaan untuk meningkatkan kemampuan dan elektabilitas partai.

Dana tersebut juga dalam rangka memperkuat fungsi partai politik. Fungsi partai politik yang dimaksud antara lain melakukan pendidikan politik terhadap kader partai.

Huwae  mengatakan, apa yang menjadi bantuan pemerintah  terhadap parpol kendati hari ini belum cukup untuk memenuhi seluruh pembiayaan namun dengan adanya itikad baik Pemerintah untuk menaikan dana parpol dari Rp108 persuara menjadi Rp1000 per suara dianggap relevan, karena selama ini pembiayaan parpol didapat dari hasil pemotongan gaji anggota dewan.

Parpol sebagai salah satu pilar demokrasi sudah selayaknya mendapat perhatian dari pemerintah. Menurutnya, hampir di setiap negara, besaran dana bantuan terhadap parpol jauh lebih tinggi dari yang berlaku di Indonesia saat ini.

Huwae menambahkan, penambahan dana kepada parpol tidak akan membebani negara karena tidak seberapa dibandingkan lembaga negara lainnya. Karena itu, sangat wajar bila parpol mendapat tambahan dana dari pemerintah.

Untuk mencegah agar tambahan dana untuk parpol tidak menjadi lahan korupsi baru, Huwae  meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk turun tangan langsung melakukan audit pada dana tersebut.

Sebagaimana diketahui, pemerintah tengah merencanakan menaikan dana parpol 10 kali lipat dari Rp108 per suara menjadi Rp1.000 persuara. Kemendagri sedang merancang revisi PP No 5 Tahun 2009 tentang Bantuan Keuangan kepada partai politik.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *