Republik Palau Bidik Peluang Investasi dan Kerjasama sama Dengan Maluku

Ambon-Konsulat Republik Palau untuk Indonesia, Ingacio Anastacio, Senin, 24 Juli, melakukan pertemuan dengan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku. 

Delegasi Republik Palau, didampingi Duta Besar  (Dubes) Republik Indonesia (RI) Untuk Philipina, Jhony Lumintang, diterima Sekretaris Daerah Maluku Hamin Bin Tahir. 

Dalam Pertemuan tersebut dibahas berbagai kemungkinan kerjasama dan investasi antara Pemerintah Republik Palau dan Pemerintah Provinsi Maluku, antara lain di bidang Pertanian, Perikanan, Pariwisata, Koperasi dan Perdagangan. 

Selain membahas peluang kerjasama dan investasi juga batas negara, karena  Maluku termasuk salah satu Provinsi yang wilayah lautnya  berbatasan   langsung dengan Repulik Palau.

Dubes RI untuk Philipina, Jhony Lumintang usai pertemuan mengatakan, Palau sebagai salah satu Negera terkecil di Samudera Pasific memiliki hubungan historis dengan Indonesia menginggat beberapa daerah di Kawasan Timur Indonesia seperti Papua, Maluku dan Maluku Utara serta  beberapa daerah lain, masuk dalam rumpun Milanesia

Menurut Mantan Sekretaris Dephan ini, Republik Palau sangat berkepentingan membangun hubungan kerjasama dan investasi terutama disektor perikanan disamping kerjasama dan investasi dibidang lainnya. 

Mantan Panglima Daerah Militer VIII/Trikor itu menyebutkan, kerjasama dibidang maritim sangat penting untuk memperkenalkan Indonesia sebagai salah satu negara tetangga yang punya hubungan historis sesama  rumpun Milenesia. 

Pentingnya membangun kerjasama bidang kemaritiman dengan Republik Palau mengingat para nelayan Indonesia asal Maluku, Papua dan Maluku Utara sering mencari ikan hingga ke perbatasan Palau Indonesia. 

Republik Palau, adalah salah satu negara kepulauan di Samudra Pasifik yang merdeka pada tahun 1994 yang lalu. Negara dengan luas 459 kilometer persegi ini menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Palau sebagai bahasa resmi mereka. Beberapa pula menggunakan bahasa daerah seperti bahasa Jepang, bahasa Sonsorol, dan bahasa Tubi. 

Sebagai negara kepulauan, Republik Palau memiliki 8 pulau besar dan 250 pulau-pulau kecil dengan daya tarik yang luar biasa. Sementara itu, Republik Palau terbagi menjadi 16 negara. 

Mungkin, banyak di antara kita yang baru menyadari bahwa Indonesia bertetangga dengan Republik Palau. Bisa dibilang, Palau terletak berbatasan dengan perairan Indonesia sebelah utara dan juga merupakan tetangga dari negara Filipina. 

Bertetangga dengan Indonesia dan Filipina, Palau terletak sekitar 200 km sebelah utara Papua Barat, 255 km sebelah timur Maluku Utara, 500 km sebelah timur Sulawesi Utara, dan 500 km sebelah timur negara Filipina. Kendati Republik  Palau memiliki banyak pulau, namun yang berpenduduk hanya beberapa pulau saja. Sementara pulau-pulau kecil lainnya tidak berpenghuni.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *