Ridwan Ellys Diusulkan Ganti Fachry Alkatiri

Ambon – DPW PKS Maluku telah mengusulkan Ridwan Ellys untuk menggantikan Fachry H Alkatiri melalui pergantian antarwaktu (PAW) di DPRD Maluku.

 

Usulan tersebut diajukan karena Fachry mengikuti Pilkada Seram Bagian Timur(SBT) pada 9 Desember 2015. Anggota Dewan Syuro DPW PKS Maluku Sudarmo,  Pengusulan Ridwan sudah disampaikan ke Sekretariat DPRD Maluku sesuai ketentuan Undang – Undang (UU) No17/2014 tentang DPR, DPD dan DPRD (MD3), pengganti anggota DPRD karena penggantian antarwaktu (PAW) oleh caleg peraih suara berikutnya.

Ia menyarankan DPRD agar menindaklanjuti pengusulan Ridwan tersebut sesuai mekanisme UU No.17/2014 sehingga mengisi kekosongan Fachry yang telah ditetapkan bersama Mukti Keliobas memenangkan Pilkada SBT.

Sebelumnya, Ketua KPU Maluku, Musa Toekan, mengemukakan, DPW PKS dan DPD PDIP setempat belum mengusulkan PAW legislatif setempat, menyusul masing – masing satu kadernya mengikuti Pilkada serentak kelompok pertama pada 9 Desember 2015.

Bila pengusulan PAW sudah di KPU Maluku, maka dilakukan verifikasi administrasi mengingat kemungkinan suratnya sudah kadaluarsa. Dia mengatakan, bisa saja jatuh temponya sudah kadaluarsa sehingga perlu diproses baru. Hasil verifikasi nantinya disampaikan KPU Maluku ke DPRD dan bila dilengkapi, selanjutnya diajukan ke Mendagri melalui Gubernur setempat untuk penetapan PAW. “KPU Maluku tidak bisa berbuat banyak bila DPD PDIP maupun DPW PKS Maluku belum memproses PAW, makanya sering diingatkan untuk memenuhi tanggung jawab tersebut  (Antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *