RSUD di Maluku Wajib Peralatan Vital Rumah Sakit Pemerintah Lebih Diperhatikan

Ambon-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Maluku diminta memperhatikan fasilitas penunjang kesehatan, karena masih banyak peralatan vital rumah sakit milik pemerintah yang tidak berfungsi dengan baik.

Ketua Komisi D DPRD Maluku, Saadiah Ulluputty meminta pemerintah daerah menambah peralatan medis pada setiap RSUD untuk menunjang peningkatan pelayanan kepada pasien.

Peralatan rumah sakit daerah diakuinya memang belum memadai. Di RSUD dr. Haulussy Ambon misalnya, ada gardu yang tidak mampu melayani peralatan yang berhubungan dengan CT Scan maupun proses cuci darah.

Selain itu beberapa perlatan penunjang baik yang ada di Intalasi Gawat Darurat (IGD) maupun Unit Gawat Darurat (UGD) juga bermasalah.

Uluputty mengatakan, pengadaan peralatan medis merupakan langkah maju dalam mewujudkan RSUD dr. Haulussy sebagai rumah sakit rujukan pemerintah, terutama bagi pasien dari pulau-pulau, termasuk pasien dari kabupaten lain yang berbatasan dengan Kota Ambon.

Selain RSUD dr Hauluusy, RSUD Tulehu sebagai rumah sakit rujukan juga belum dilengkapi dengan perlatan yang memadai. Hal ini terungkap saat Komisi D DPRD Maluku melakukan kunjungan kerja di dua rumah sakit pemerintah milik pemerintah daerah tersebut.

Ulluputy menambahkan, DPRD terus mendorong pemerintah daerah melalui badan anggaran  agar mempriotaskan pengadaan sarana penunjang.

Ulluputty juga mengingatkan pihak rumah sakit baik pemerintah maupun swasta yang bermitra dengan BPJS Kesehatan (BPJS-K) agar tidak melakukan diskriminasi kepada pasien BPJS- K.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini juga menyoroti pelayanan obat kepada pasien BPJS. Pasien BPJS-K yang ingin menebus obat terkadang harus kecewa karena obat tidak tersedia di apotik. Mereka harus mengeluarkan uang untuk membeli obat di luar RS.

Ia berharap untuk kedepanya, tidak ada lagi keluhan pasien, baik soal pelayanan obat maupun ruangan yang panas karena pendingin ruangan rusak.

Menurutnya, rumah sakit harus mampu memberikan pelayanan terbaik pada masyrakat. DMS

 

 Direktur RSUD dr. M Haulussy Ambon, Justini Pawa

Petugas Medis RSUD dr. M Haulussy Ambon Dapat Pendampingan Dan Pelatihan

Dirjen Pelayanan Kesehatan RI Bambang Wibowo

Dirjen Pelayanan Kesehatan RI Kunjungi RSUD. dr.M.Haulussy Ambon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *