Rumah Sakit Umum Daerah Tulehu Resmi Berganti Nama Menjadi RSU dr. H . Ishak Umarella

Ambon-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tulehu, resmi berganti nama menjadi Rumah Sakit Umum (RSU) Dr.H.Ishak Umarella. 

Peresmian Rumah sakit yang terletak di Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, dilakukan Gubernur Maluku Said Assagaff, Senin (24/7) sore. 

Nama dr H. Ishak Umarella yang disematkan untuk nama Rumah Sakit Tulehu, tidak lain adalah putra asli Negeri setempat. 

Gubernur Said Assagaff mengatakan, secara sosio kultural pergantian sebuah nama secara psikiologis akan menjadi sumber inspirasi bagi kemajuan RSUD itu sendiri. 

Menurutnya, pergantian nama RSUD tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan No.56 Tahun 2014 pasal 77 yang menyatakan penamaan rumah sakit milik pemerintah dan pemerintah daerah dilarang menggunakan nama orang yang masih hidup dan harus memperhatikan nilai dan norma agama, sosial budaya dan etika.

Proses penamaan RSUD Tulehu ini, juga tidak terlepas dari pertemuan dengan Jajaran Muspika setempat, Raja dan para Saniri, tokoh adat, agama dan pemuka masyarakat Tulehu, serta pernyataan sikap masyarakat yang menyetujui pergantian Nama RSUD Tulehu, di samping permohonan izin pihak keluarga untuk penggunaan dr. Hi Ishak Umarella pada RSUD Tulehu. 

Pergantian nama Rumah Sakit Tulehu menjadi RRSU dr Ishak Umarella digagas pada September  2015, Disetujui menjadi Pertauran Daerah (Perda) dan disahkan dalam Peraturan Gubernur Nomor :  46 tahun 2017, tentang pemberian nama RSUD Tulehu menjadi RSU dr. H. Ishak Umarella. 

Assagaff menilai Umarella ada sosok  yang profesional, pekerja keras,  iklhas dalam pengabdian  tanpa pamrih  jujur, tegas  dan baik untuk semua orang. 

Tercacatat di Indonesia, terdapat 2.602 rumah sakit, baik milik Pemerintah Pusat, pemerintah provinsi, kabupaten/kota Pemerintah, TNI dan Polri, BUMN maupun swasta dan namanya mengabadikan pengabdian sosok dokter yang berjasa mengangkat derajat kesehatan di masing-masing daerah. 

Sosok Ishalk Umarella, selain pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku, juga pernah menjabat sebagai Kepala Rumah Sakit Al-Fatah Ambon dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku.

Semasa hidupnya almarhum Ishak Umarella mampu memadukan bidang kedokteran dan agama dalam melaksanakan profesinya. Jadi, tidak hanya mengobati raga pasiennya yang sakit, tetapi juga rohaninya, sehingga dinilai layak menjadi panutan bagi para dokter yang bertugas di Maluku saat ini. 

Karena itu keuletan dan ketokohannya dalam membangun dan memajukan dunia kesehatan di Maluku perlu diteladani oleh para dokter dan tenaga kesehatan di daerah ini, sehingga perkembangan dunia kesehatan daerah ini kedepan lebih profesional.DMS

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *