Sembilan Fraksi di DPRD Kota Ambon Terima Ranperda LPJ Pemerintah Kota Ambon

Ambon-Sembilan Fraksi DPRD Kota Ambon menyetujui Ranperda Pertanggunjawaban Pelaksaan APBD Pemerintah Kota Ambon Tahun Anggaran 2016 untuk disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Persetujuan tersebut terangkum dalam pandangan akhir sembilan fraksi, pada sidang Paripurna ke 4 Dewan Perwakilan Kota Ambon tentang Pertanggungjawaban Atas Pelaksanaan APBD Kota Ambon Tahun Anggaran 2016, yang digelar di Gedung Rakyat Belakang Soya, Selasa (26/7).

Kesembilan fraksi yang ada di DPRD Kota Ambon yaitu fraksi  PDI Perjuangan,  Demokrat, PKPI, fraksi  Kebangsaan Nasional,  PPP, Golkar, Hanura, Nasdem dan Gerindra  dalam pendapat akhir fraksi menerima dan menyetujui Ranperda tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2016 Kota Ambon untuk dijadikan Peraturan Daerah Kota Ambon.

Keputusan DPRD Kota Ambon dengan Nomor 17/KPTS/DPRD/2017 yang menyetujui dan menerima Ranperda menjadi Perda APBD 2016.

Total pendapatan Kota Ambon Tahun 2016 sebesar Rp 1.100.953.632.939 atau 94,71 %  dari yang dianggarakan sebesar 1,162.498.813.516. Sedangkan realisasi Belanja sebesar Rp.1.127.554.904.387 atau 92,15%  dari yang dianggarakan sebesar Rp. 1.223 .661.202. selisih antara Rp.57.784.774.732.

Kendatipun sembilan fraksi  menerima pertanggungjawaban Anggaran Pemkot Ambon, namun ada sejumlah cacatan kritis yang disampaikan untuk mendapat perhatian serius Pemerintah Kota Ambon ke depan.

Cacatan kritis dan rekomendasi yang disampaikan fraksi antara lain memfungsikan kembali Puskemas rawat Desa Airlow, di Kecamatan Nusaniwe,termasuk pembenahan sistim administrasi Kepegawaian.

Masing-masing fraksi juga berharap agar APBD kota Ambon, sebagai instrumen pembangunan hendaknya dibelanjakan sesuai peruntunganya demi kemajuan kota Ambon yang lebih baik.

Walikota Ambon Richrds Louhenapessy, mengatakan Pemkot Ambon secara terbuka menerima semua kritikan dan masukan yang disampaikan oleh DPRD kota Ambon terkait kinerja dari masing-masing SKPD dilingkup Pemerintah kota Ambon.

Walikota, dalam pendapat akhirnya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pimpinan dan anggota DPRD Kota Ambon, melalui fraksi-fraksi DPRD yang dengan penuh kesungguhan telah mengkritisi, menanggapi, bahkan memberikan masukan-masukan baik dalam tahapan penyampaian, tahapan pemandangan umum sampai penyampaian laporan badan anggaran dan pendapat akhir fraksi.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *