Sidang Sinode GPM Akan Di Gelar 24 Januari 2016

Ambon-Ketua sinode Gereja Protestan Maluku (GPM), John Ruhulesin mengungkapkan sidang ke 37 sinode GPM yang akan digelar 24 Januari hingga 03 Februari 2016 yang akan datang  bukan merupakan peristiwa kelembagaan namun peristiwa iman yang merefleksikan pergumulan serta pergulatan gereja , bagaimana menjadi gereja GPM dalam sejarah pelayanan.

 

Diungkapkan Ruhulessin, tahun ini  GPM telah masuki 37 kali masa persidangan, dengan usia yang tidak tergolong muda, GPM telah menjadi gereja yang matang dalam pelayanan dan pertumbuhannya. Dalam usia 80 tahun atau 10 dekade sidang  sinode sebagai perisiwa iman dan peristiwa umat yang  merefleksikan  kasih setia Tuhan terhadap gereja, semangat pelayanan hidup dan pertumbuhan yng dialami GPM yang  hadir di tengah kehidupan yang beragam  sehingga mampu merefleksikan tanggungjawab gereja yang telah dipercayakan oleh Tuhan di Maluku maupun di Indonesia.

Ruhulessin menyatakan sidang sinode yang berlangsung hampir satu pekan akan menghadirkan  sejumlah isu terpenting diantaranya : laporan pertanggungjawaban MPH selama lima tahun, laporan keuangan gereja, menetapkan ajaran gereja yang dijadikan sebagai jantung teologi GPM dan harus dimiliki agar supaya gereja dapat diarahkan ke sesuatu yang lebih baik. Selain itu, akan dilakukan reviuew tata gereja  yang didalamnya memuat tentang aturan pokok , aturan organik karena GPM memiliki hirarki yang jelas serta beberapa isu penting yang relevan lainnya.

Diakuinya, selain sebagai peristiwa iman, sidang sinode  merupakan sebuah proses demokrasi pengambilan keputusan tertinggi  oleh GPM, yaitu dengan pelaksanaan pemilihan MPH  masa bakti 2015- 2020.

Sementara itu, peserta  biasa sidang sinode berasal dari 32 klasis yang akan diwakili oleh 8 orang peserta dari masing-masing klasis, selain itu juga akan ada peserta luar biasa dan undangan yang diperkiran hampir 1000 orang.

Ditekankan, makna sidang sinode adalah memberikan kontribusi mengembangkan kerjasama dengan agama lainnya, menjaga perdamaian dan persaudaraan. Oleh sebab itu dirinya meminta dukungan dan partisipasi masyarakat dalam doa sehingga  proses sidang sinode tersebut dapat berlangsung dengan baik yang meghhasilkan berbagai keputusan guna pengembangan GPM kedepan. DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *