SMA Negeri 1 Ambon Terus Berinovasi Menjadi Yang Terbaik  

Pelajar SMA Negeri 1 Ambon memiliki segudang prestasi yang patut diacungi jempol.

Ambon-Pelajar SMA Negeri 1 Ambon memiliki segudang prestasi yang patut diacungi jempol. Sekolah yang berlamat di Jalan . Pahlawan Pattimura No 28, merupakan salah satu sekolah favorit di Kota Ambon yang setiap tahunnya melahirkan lulusan-lulusan  handal dan bersaing di tingkat yang lebih tinggi.

Namanya saja sekolah favorit pasti didalamnya dihuni oleh siswa siswi yang berprestasi, baik akademik maupun non akademik. Hal ini nampak dari ratusan piala yang  berjejar di lemari pada beberapa sudut ruangan yang ada si sekolah tersebut.

SMA 1 Ambon merupakan salah satu sekolah tertua di Ambon, yang didirikan pada tahun 1953. Bangunan berbentuk “U” ini, sekarang genap berusia 64 Tahun, yang didalamnya terdapat : 23 ruang kelas, termasuk 6 Laboratorium, ruang kepala sekolah, ruang kurikulum, ruang kesiswaan, ruang guru, ruang Konseling, Perpustakaan, ruang Seni, ruang UKS dan ruang serba guna (Aula).

SMA Negeri 1 Ambon terlibat dalam program internasional, yakni bekerja sama dengan pemerintah Australia dengan adanya pertukaran siswa ke Australia. Selain itu memiliki kerja sama dengan Pemerintah Jerman melalui Program Pasch dan untuk merealisasikan program tersebut maka  Bahasa Jerman dan Bahasa Inggris di ajarkan di Sekolah sebagai mata pelajaran wajib

Selain itu SMA Negeri 1 di kenal sebagai sekolah yang memiliki kualitas karena banyak memenangkan Perlombaan, seperti lomba Olimpiade Sains, Olimpiade Bahasa Jerman, Debat Bahasa Inggris dan terlibat dalam berbagai perlombaan tingkat Nasional. Salah satu dari sekian prestasi yang diraih SMA 1 Ambon dalam tahun ini adalah terpilihnya dua siswa dalam tim arung Samudera 2017

Hal yang terindah dari sekolah ini adalah kebersamaan dan toleransi antara guru dan siswa. Adapun jumlah siswa seluruhnya sebanyak 878 siswa yang masing-masing kelas rata-rata sebanyak 37 siswa.

Pada tahun 1953 di kota Ambon berdiri sebuah Sekolah Menengah Atas yang adalah peralihan dari AMS (Algemene Middelbare School) peninggalan pemerintah colonial Belanda yang berlokasi di Jalan Pattimura.

Seiring dengan perkembangan Sistem Pendidikan Nasional, maka sejak tahun 2003 SMA Negeri 1 Ambon sudah mengalami perubahan kurikulum mulai dari kurikulum berbasis kopentensi (KBK), kemudian kurikulum 2004, dan KTSP.

Pada tahun 2006 sampai 2008 SMA Negeri 1 Ambon menjadi Rintisan Kategori Mandiri (RSKM) atau sekolah rintisan Standar Nasional (RSN), dan pada tahun 2009 sampai tahun 2011 menjadi SMA RSBI ( Rintisan SMA Bertaraf Internasional )

Untuk memenuhi standar tersebut maka SMA Negeri 1 Ambon mulai membenahi diri mulai dari sarana prasarana sampai dengan SDM yang ada. Untuk sarana prasarana SMA Negeri 1 Ambon telah memiliki 2 Laboratorium Komputer, 1 Laboratorium Biologi, 1 Laboratorium Kimia, 1 Laboratorium Fisika, Ruang Seni Musik, Ruang Seni Tari, Website, 1 Tribun, serta Perpustakaan yang terus dilengkapi dengan buku-buku, CCTV untuk semua ruang kelas.DMS

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *