Stok Beras Bulog Maluku Cukup Penuhi Kebutuhan

Ambon, 13/11 (Antara) – Stok beras Perum Bulog Divisi Regional Maluku cukup dan aman untuk memenuhi kebutuhan daerah tersebut hingga tiga bulan mendatang.

“Warga Kota Ambon maupun Maluku tidak perlu khawatir, masih ada stok beras Bulog Maluku 3.475 ton dan aman hingga tiga bulan ke depan,” kata Kepala Seksi Penyaluran Divre Bulog Maluku Utluf Mewar di Ambon, Senin.

Stok beras di gudang Kota Ambon sebanyak 3.211 ton sedangkan yang ada di gudang Kota Tual 264 ton.

“Jadi Bulog Maluku selalu melakukan persiapan, bahkan dalam waktu dekat akan masuk lagi ke gudang Kota Tual sebanyak 1.171 ton dan untuk gudang Kota Ambon sebanyak 3.027 ton,” ujarnya.

Bulog Maluku siap dalam mengantisipasi kebutuhan beras, apalagi 4.198 ton sudah siap didatangkan dari Sulawesi Selatan sehingga stok beras Bulog Maluku akan bertambah lagi.

“Pokoknya tergantung gudang di Ambon maupun di Kota Tual kalau sudah mulai berkurang langsung ditambah dari Sulsel,” ujarnya.

Memang untuk kawasan Maluku Tenggara sampai dengan Maluku Barat Daya, lanjutnya, Bulog masih kekurangan gudang penampungan, karena itu diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama gudang yang sedang dibangun di Kota Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) selesai maka sudah bisa dipergunakan sekaligus rentang kendali pasokan beras di wilayah itu.

Menurutnya, selama ini gudang beras Bulog di Kota Tual selain melayani kebutuhan masyarakat setempat juga di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Karena itu beras keperluan masyarakat di lima daerah kawasan Maluku Tenggara sampai di Maluku Barat Daya selalu di pasok dari Kota Tual.

“Dengan demikian kalau sampai gudang Bulog di Saumlaki selesai sudah bisa dimanfaatkan. Setelah itu kita bisa lanjutkan lagi untuk membangun gudang di daerah yang lain,” katanya.(DMS-Antara)

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *