Sukseskan Tour de Mollvcas 2017, Polda Maluku Lakukan Simulasi Pengamanan

Ambon-Kepolisian Daerah Maluku, Jumat Sore melakukan simulasi pengamanan event Tour de Mollvcas (TdM) 2017 yang akan digelar 18-22 September mendatang.

Simulasi ini dilakukan karena etape  V berlangsung di Kota Ambon pada 22 September. Simulasi pengamanan dilakukan dengan menempatkan personil Polri dibantu TNI mulai dari titik start Pantai Namalatu hingga menuju pusat Kota Ambon dan disepanjang rute yang dilewati oleh para pebalap.

Rute etape V di Kota Ambon dimulai dari Pantai Namalatu menuju Batu Gantung, Waihaong, AY.Patty, Mardika, Batu Merah, kemudian melewati Jembatan Merah Putih menuju Passo. Dari Passo para pebalap kembali ke pusat Kota Ambon melewati Batu Merah kemudian memutar sebanyak tujuh kali melewati Belso, Jalan Kakialy Tanah Tinggi, Jalan Benteng Kapaha, Trikora , Talake, Waihaong, AY.Patty hingga kemudian finish di Gong Perdamaian Dunia

Selama petugas melakukan sterilisasi jalur yang lewati para pebalap seluruh lorong dan simpang ditutup agar tidak ada kendaraan yang melintas.

Kepala Direktorat lalu Lintas (Dirlantas) Polda Maluku Kombes Pol, Heru CS mengimbau kepada seluruh warga kota Ambon untuk mendukung dan menyukseskan pelaksanaan TdM 2017 dimaksud.

Kepolisian Daerah Maluku juga telah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) , Maluku Tengah dan Seram Bagian Timur (SBT) agar menghimbau kepada warga yang memiliki ternak peliharaan seperti sapi dan kambing untuk tidak mengikat ternaknya di pinggir jalan karena dapat mengganggu kelancaran lomba.

Menurut Kadirlantas, etape V merupakan etape terberat untuk pengamanan mengingat kota Ambon tidak memiliki jalan alternatif yang dapat dugunakan untuk mengalihkan kendaraan selama lomba berlangsung. Selama berlangusngnya etape V di Kota Ambon pihaknya akan melakukan penutupan jalan selama 4 jam.

Baca Juga: 2400 Personil Polda Maluku Amankan Event Internasional Tour de Mollvcas 2017

Untuk dikertahui sebanyak 2.400 personil polisi diterjunkan untuk mengamankan jalanya event internasional Tour de Mollvucas. Ribuan personil tersebut di tempatkan di lima etape yang akan dilewati para pebalap.

TdM 2017 akan dilepas Menko Maritim Luhut Binsar Panjaiatan di etape I yakni di Piru Ibukota Kabupaten  SBB.

Jumlah dan Jarak Etape

Etape I, (Piru- Masohi) berjarak  179,9 km, etape II (Wahai- Bula) 155,8 km, etape III (Bula-Wahai) 153,8 km, etape IV (Masohi-Waipirit) 1.41,5 km dan etape V dimulai dari Pantai Namalatu Desa Latuhalat Kecamatan Nusaniwe memutar dalam kota sebanyak 7 kali menempuh jarak 82.9 Km hingga finish di depan Gong Perdamaian Dunia.DMS

Tour de Molvcas akan diikuti oleh 16 tim yang berasal dari 20 negara. Dari 16 tim yang akan berkompetisi, lima di antaranya adalah tim dari Indonesia. Namun ada pula pebalap Indonesia yang nantinya berlomba atas nama klub asing.DMS

Bupati SBT : Persiapan Tour de Mollucas Rampung 70 Persen

Gubernur Maluku Tinjau Jalan Yang Akan Dilewati Peserta “Tour de Mollucas”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *