Syamsul Kubangun Ketua KPU Maluku

Syamsul Kubangun Ketua KPU Maluku

Ambon – Syamsul Rifan Kubangun terpilih menjadi Ketua KPU Maluku yang baru, menyusul meninggalnya Musa Latua Toekan di Ambon pada 9 September 2017.

Komisioner KPU Maluku, La Alwi, dikonfirmasi, Rabu, mengatakan, Syamsul terpilih berdasarkan rapat pleno lima anggota KPU Maluku saat sela – sela rapat pimpinan (Rapim) KPU se-Indoenseia, di Surabaya pada 27 November 2017.

“Syamsul yang Komisioner KPU Maluku 2014 – 2019 berasal dari Penelis Katalis (Korwil Maluku dan Maluku Utara) itu terpilih berdasarkan hasil voting,” ujarnya.

Pemiihan ini diawali pelantikkan Almudatsir Zain Sangadji (Dosen Universitas Darusalam) menggantikan almarhum Musa Latua Toekan.

Almudatsir berdasarkan hasil hasil tes kepatutan dan kelayakan oleh KPU – RI pada 2013 merupakan salah satu dari lima cadangan.

“Jadi Almudatsir dilantik sehingga komisioner KPU Maluku lengkap lima orang barulah dilakukan rapat pleno dan Syarif terpilih menjadi Ketua hingga 2019,” kata La Alwi.

KPU Maluku periode 2014 – 2019 dilantik pada 13 Maret 2014 dengan Komisioner lainnya adalah Iriene S Pontoh (Komisioner KPU Kota Ambon), Hanafi Renwarin (anggota Panwaslu Kota Tual).

Iriene sempat menjadi pelaksana tugas (plt) Ketua KPU Maluku sejak 11 September 2017, menyusul Musa Toekan meninggal pada 9 September 2017.

Sedangkan, cadangan Komisioner KPU Maluku yang lain adalah Astuti Usman (Komisioner KPU Maluku Tengah, Daniel W Nirahua (Komisioner KPU Kota Ambon), Jimmy Papilaya (Wiraswasta) dan Mukhlis Fataruba (Dosen Unpatti).

La Alwi mengemukakan, setelah selesai Rapim KPU se- Indonesia, maka sekembalinya di Ambon langsung memproses pelantikkan Syarif menjadi Ketua KPU Maluku yang baru ke KPU – RI.

“Kami tinggal membuat berita acara hasil rapat pleno untuk disampaikan ke KPU – RI untuk penetapan Syamsul menjadi Ketua KPU Maluku yang baru sehingga tidak ada masalah karena penyelenggara Pemilu ini bekerja sesuai ketentuan perundang – undangan,” tandasnya.

KPU Maluku saat ini sedang menyelenggarakan tahapan pemilihan Gubernur – Wagub Maluku, Bupati – Wakil Bupati Maluku Tenggara serta Wali Kota – Wakil Wali Kota Tual pada 27 Juni 2018. Budi Suyanto.(DMS-Antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *