Saturday 24th February 2018

Tiga Paslon Gubernur-Wakil Gubernur Maluku Kantongi Nomor Urut

Ambon-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku, Selasa (13/02), siang melakukan pengundian nomor urut terhadap tiga pasangan calon (Paslon) Gubernur-Wakil Gubernur Maluku.

Hasilnya, KPU menetapkan Paslon Said Assagaff-Andreas Rentanubun (Santun) sebagai Paslon dengan nomor urut satu (1), Murad Ismail-Barnabas orno (Baileo) nomor urut dua (2), dan pasangan jalur perseorangan Herman Koedoeboen-Abdulah Vanath (Hebat) nomor urut (3) tiga.

Keputusan itu diambil sebagaimana hasil pencabutan langsung nomor urut yang dilakukan langsung oleh masing-masing Paslon yang berlangsung di Swiss Belth Hotel.Nomor urut tersebut ditaruh dalam sebuah kotak kaca berisi bola pimpong dan diambil masing-masing Paslon berdasar urutan saat melakukan pendaftarannya di kantor KPU beberapa waktu lalu.

Paslon Santun menjadi peserta pertama yang melakukan pencabutan nomor urut tersebut, menyusul Baileo, danHebat. Hasilnya pasangan Said Assagaff-Andreas Rentanubun yang didukung  Partai Golkar,  Partai Demokrat dan PKS pada nomor urut 1, Murad Ismail-Barnabas Orno yang diusung PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Nasdem, Partai Hanura, PKB, PKP, PPP dan PAN pada Nomor urut 2, sedangkan calon jalur perseorangan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath di urutan 3.

Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun mengatakan, untuk menciptakan iklim Pilkada Damai di Maluku KPU memulainya dengan menghadirkan satu meja ketiga pasang kandidat calon hal bertujuan agar seluruh proses pelaksanaan Pilkada di Maluku berlangsung aman dan damai.

Pilkada Maluku yang hari pencbolosan ditetapkan 27 Juni 2018, menjadi momen penting tiga pasangan calon Gubernur dan Wagub Maluku, yakni pasangan petahana Gubernur Maluku, Said Assagaff dan Bupati Maluku Tenggara, Anderias Rentanubun,yang direkomendasikan Partai Golkar, Partai Demokrat dan PKS masing – masing enam kursi di DPRD Maluku.

Pasangan lainnya adalah Murad Ismael – Barnabas Orno direkomendasikan PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Nasdem, Partai Hanura, PKB, PKP, PPP dan PAN dengan keterwakilan 27 dari 45 legislator Maluku.

Demikian halnya dengan pasangan Herman Hoedoeboen-Abddulah Vantah yang ditetapkan dengan mengantongi 145 ribu lebih dukungan.Dukungan  ini melampui 1.22 ribu dari total 10% jumlah pemilih Maluku.

Penetapan tersebut dihadiri sejumlah tim sukses dari masing-masing pasangan calon Gubernur Wakil Gubernur. Penetapan  juga mendapat pengawalan ketat dari ratusan personil Polisi Polda Maluku.DMS




No Responses

Tinggalkan Balasan

Contact Person WhatsApp us