Belajar Jadi Pendaki Pemula? Yuk Sambangi 5 Gunung Ini Dulu

0
7
Berita Travel
Belajar Jadi Pendaki Pemula? Yuk Sambangi 5 Gunung Ini Dulu

Berita Travel – Mendaki gunung menjadi salah satu tren liburan yang selalu digemari oleh siapapun, sekalipun  menyusahkan karena harus melalui medan yang berat. Gunung selalu menawarkan pemandangan yang luar biasa ketika sampai di puncak.

Sehingga objek wisata pegunungan tak pernah sepi dari para pendaki, seperti area di Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) ini hampir setiap hari selalu didatangi oleh pendaki dari berbagai daerah maupun luar negeri.

Tapi untuk kamu yang masih pemula, jangan coba-coba untuk mendaki gunung yang tinggi dengan banyak rintangan yang harus dilalui. Carilah gunung dengan ketinggian yang cukup rendah dan memiliki jalur pendakian yang aman dan mudah dilalui. Berikut beberapa alternatif gunung yang cocok untuk pendaki pemula.

  • Gunung Pulosari

Gunung Pulosari memiliki ketinggian 1346 mdpl dan berada di Pandeglang, Banten. Karena ketinggian Gunung Pulosari yang tidak terlalu tinggi, maka gunung ini termasuk salah satu alternatif untuk kamu pendaki pemula.

Sebenarnya ada 2 jalur pendakian yang dapat ditempuh para pendaki untuk sampai ke puncak, satu jalur terjal dan satu jalur landai.  Sedangkan jika lewat jalur landai, waktu yang diperlukan untuk bisa sampai ke puncak adalah sekitar 3 jam, tetapi jalur ini cukup aman. Nah, buat kamu pendaki pemula, lebih disarankan untuk lewat jalur landai saja.

  • Gunung Andong

Sedikit lebih tinggi daripada Gunung Pulosari, Gunung Andong di Jawa Tengah juga bisa jadi pilihan untuk kamu yang baru memulai pengalaman mendaki.

Memiliki ketinggian 1762 mdpl dan medan yang cukup landai, kamu hanya butuh waktu 2 jam untuk mendaki gunung ini sampai ke puncak. Bonusnya, setelah sampai di puncak, kamu dapat melihat pemandangan yang sangat indah dari atas.

  • Gunung Papandayan

Ingin mendaki sembari berburu foto untuk feed Instagram? Kamu yang berada di Jawa Barat wajib mencoba mendaki Gunung Papandayan.

Memiliki pemandangan yang cantik, medan daki yang ramah, padang edelweis, serta hutan mati yang Instagramable, dijamin bikin siapapun ketagihan untuk kembali mendaki gunung cantik yang satu ini.

  • Gunung Panderman

Gunung Panderman berlokasi di Kota Batu, Jawa Timur dan cocok dijadikan untuk kamu yang baru mau latihan mendaki gunung. Sebab, selain tingginya yang hanya 2.045 mdpl, faktor lain yang jadi nilai plus di sini adalah jalurnya yang mulus bahkan hampir tidak terdapat rintangan di sini, sehingga para pendaki yang masih pemula tidak perlu terlalu ngos-ngosan untuk bisa sampai ke puncak Gunung Panderman ini.

  • Gunung Ijen

Gunung Ijen merupakan destinasi pendakian yang berlokasi di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur. Gunung ini terkenal akan fenomena blue fire-nya yang konon hanya ada di Gunung Ijen saja. Saking fenomenalnya, bukan hanya para turis saja yang tertarik ke Gunung Ijen, tapi juga para peneliti dan geolog.

Selain blue fire dan jalur pendakian yang lumayan ramah, pemandangan danau kawah Ijen berwarna tosca dengan asap belerang yang selalu mengepul menjadi pesona tersendiri dari gunung api aktif ini.

Demikian tadi beberapa alternatif gunung untuk kamu para pendaki pemula. Yang paling penting, jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan serta tidak mengotori atau merusak lingkungan di mana pun kamu berada. Berita Travel radiodms.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here