Traveling Cashless, Tetap Hemat Sepanjang Perjalanan

0
3

Perasaan bimbang untuk menukarkan mata uang atau tidak sering datang pada wisatawan Indonesia. Hingga akhirnya para wisatawan memutuskan untuk melakukan traveling ke luar negeri tanpa uang tunai atau Traveling Cashless

Hal ini dibuktikan melalui sebuah survei oleh Visa Global Travel Intentions (GTI) di tahun 2017 lalu. Survei tersebut mengungkapkan wisatawan Indonesia kerap menggunakan kartu kredit atau kartu debit dibandingkan dengan wisatawan global lainnya.

Oleh karena itu, liburan ke luar negeri tanpa mengandalkan uang tunai bukanlah sesuatu yang mustahil karena semakin mudahnya mengakses informasi secara online dan teknologi yang memudahkan pembayaran hanya dengan menggunakan ponsel dan kartu.

Tertarik untuk mencoba? Berikut sejumlah tips yang bisa kamu coba agar traveling cashless ke luar negeri yang murah, aman, dan nyaman dapat terwujud.

  • 1. Biasakan Diri dengan Kartu Pembayaran

Sebelum mencoba traveling cashless ke luar negeri, Anda perlu terbiasa dulu dengan gaya hidup tanpa uang tunai. Dengan begitu, Anda juga akan terbiasa dengan pembayaran secara elektronik seperti kartu debit atau kartu kredit ketika sudah berada di luar negeri.

Caranya mudah, pesanlah tiket pesawat, kamar hotel, hingga membeli tiket ke sejumlah tempat wisata di negara tujuan dengan menggunakan kartu sebagai pembayarannya. Menggunakan pembayaran elektronik akan membuat Anda terbiasa dan lebih percaya diri melakukan perjalanan ke luar negeri tanpa uang tunai.

  • 2. Maksimalkan Smartphone-mu

Dalam membuat anggaran dan merencanakan perjalanan saat tiba di destinasi wisata, manfaatkan beragam situs yang membuat Anda lebih mudah untuk membandingkan harga dan review dari beragam penerbangan, hotel, jasa tur, dan sewa mobil.

Maksimalkan smartphonemu untuk menggunakan aplikasi pemesanan hotel, check-in penerbangan, dan melihat itinerary. Gunakan juga aplikasi layanan on-demand saat tiba di destinasi wisata, seperti untuk memesan taksi, agar perjalanan lebih ekonomis dan nyaman.

  • 3. Usahakan Tetap Online

Banyak hotel akan menyediakan Wi-Fi gratis dan Anda juga dapat menggunakan layanan roaming atau membeli kartu SIM lokal untuk ponsel Anda agar tetap online. Agar tetap tenang saat berlibur, pastikan Anda sudah mengetahui jumlah biaya sebelum mengaktifkan layanan roaming atau menggunakan kartu SIM di negara asing.

Ketika terhubung dengan internet, Anda bisa memperoleh informasi melalui mesin pencari online, update status media sosial sepuasnya, atau berbelanja secara online saat Anda berlibur ke luar negeri.

  • 4. Manfaatkan Pembayaran Elektronik saat Berlibur ke Luar Negeri

Dengan menggunakan kartu pembayaran untuk bertransaksi menggunakan mata uang negara yang Anda kunjungi, tentunya Anda dapat nikmati nilai tukar yang kompetitif.

Keempat tips ini bisa membuat Anda bisa percaya diri liburan ke luar negeri tanpa uang tunai. Dengan demikian, Anda tak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah besar saat bepergian ke luar negeri.

Berlibur tanpa uang tunai juga dapat membantu Anda dalam melacak pengeluaran Anda dan membantu Anda untuk tetap hemat sepanjang perjalanan Anda ke luar negeri. (DMS/kumparan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here