Ulas Benteng Bersejarah di Maluku Bersama Berita Maluku

0
17
Berita Maluku
DCIM104GOPRO

Traveling Bareng Berita Maluku Sembari Napak Tilas

Selain banyak sekali tempat wisata yang menawarkan keindahan alamnya yang eksotis, di Maluku juga banyak terdapat wisata sejarah. Bagi Anda yang ingin traveling sambil menilik sejarah Indonesia tempo dulu, ada benteng-benteng dengan historinya yang melegenda yang harus dikunjungi. Berita Maluku akan mengulasnya untuk Anda!

  1. Benteng Tolukko

Yang pertama adalah Benteng Tolukko. Benteng yang satu ini berada di Sangaji Utara, tepatnya di sisi timur Ternate, Maluku. Selain punya bentuk arsitektur yang unik dan menarik, benteng ini juga menyimpan sejarah yang menarik.

Benteng Tolukko berdiri di atas bukti yang menjorok ke lautan. Dahulunya, benteng ini merupakan benteng pertahanan untuk bangsa Portugis dari serangan penjajah lain yang datang ke Indonesia.

Karena itulah, benteng ini mempunyai jalan bawah tanah rahasia, yang akan langsung tembus ke area pantai. Tepatnya, Benteng Tolukko dibangun pada tahun 1540. Saat itu, benteng tersebut adalah pusat perdagangan rempah di sekitar Maluku.

  1. Benteng Kalamata

Kemudian ada juga Benteng Kalamata yang berada di kawasan Kayu Merah. Dari sini, Anda bisa menyaksikan panorama keindahan Pulau Maitara dan Tidore dari spot yang sangat pas.

Benteng Kalamata juga dibangun oleh bangsa Portugis pada tahun 1540 silam. Benteng ini berfungsi sebagai pertahanan bangsa Portugis terhadap serangan dari Spanyol yang juga ingin menguasai Tidore.

Pada tahun 1994 lalu, pemerintahan Maluku melakukan pemugaran pada Benteng Kalamata karena berpotensi untuk tempat wisata. Karena itu, kini Anda mengenal empat bastion yang memiliki lubang bidik senjata yang masyhur.

  1. Benteng Oranje

Benteng yang satu ini dibangun oleh Belanda saat pertama kali datang ke tanah air. Lokasinya berada di Jalan Hasan Boesoeri, Gamalama.

Dulu, benteng ini merupakan pusat pemerintahan Hindia Belanda pada masa Gubernur Jenderal Pieter Both , Herald Reyist, Laurenz Real sampai J.C Coum.

Di benteng inilah dulu Sultan Badaruddin II dari Palembang diasingkan. Ruangan pengasingan itu sekarang bisa dikunjungi. Beda dari benteng lainnya, Benteng Oranje tergolong megah. Berita Maluku

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here