Walikota Ambon Lantik Jhnon Lodwyk Sebagai Raja Negeri Soya

John Lodwyk Rehatta sebagai Raja Negeri Soya Periode 2017-2023.

Ambon-Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, Selasa (21/11) kembali melantik John Lodwyk Rehatta sebagai Raja Negeri Soya Periode 2017-2023. Pelantikan ini sekaligus mengukuhkan kepemimpinan Rehatta di Negeri Soya untuk ketiga kalinya.

Jhon Lodwyk Rehatta, pertama kali dilantik sebagai Raja oleh  mantan Walikota Ambon M.J Papilaya pada 2006.

Walikota Richards Louhenapessy memberikan, apresiasi yang tinggi kepada warga masyarakat Negeri Soya yang semakin dewasa dan matang dalam berdemokrasi dengan menempatkan calon tunggal.

Menurutnya, pelantikan dan porses pengangkatan Raja Negeri Soya ini telah melalui proses mekanisme yang telah diatur dalam Peraturan daerah (Perda) Nomor 13 tahun 2008 tentang pemilihan, pengangkatan, dan pelantikan raja serta pemberhentian raja.

Louhenapessy,  meminta kepada Rehatta untuk membangun Negeri Soya lebih maju, mengingat Soya merupakan salah satu negeri adat terbesar di Pulau Ambon, oleh sebab itu berbagai komponen budaya harus tetap dilestarikan

Walikota juga meminta agar komoditi unggulan yang dimiliki oleh Negeri Soya lebih dikembangkan terutama untuk pariwisata, salah satunya adalah wisata buah-buahan seperti duren  maupun hasil pertanian lainya.

Louhenapessy juga mengingtakan agar penggunaan dana desa dan alokasi dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat dan daerah, hendaknya diperuntukan bagi pengembangan dan pemberdayaan masyarakat setempat agar berdampak bagi peningkatan kesejahteraan warga negeri Soya.

Pada kesempatan pelantikan dan porses pengangkatan Raja Negeri Soya,  Louehenapessy mengajak warga Soya untuk menyatukan tekad bersama Raja Negeri Soya yang baru dilantik untuk membangun Negeri Soya.

Raja Negeri Soya, Jhnon Lodwyk Rehatta,  berjanji kedepan akan lebih memajukan Negeri Soya dari sektor pariwisata, disamping wisata budaya yang selama ini telah dijalankan agar esksistensi  nilainilai kultural  yang ada di Negeri Soya tidak hilang ditelan modernisasi.

Usai dilantik secara Opemerintahan Jhon Lodwyk Rehatta menjalani, ibadah peneguhan dan pemberkatan di Gedung Gereja Soya.

Ketua Majelis Jemaat GPM Soya P.Kempa berharap, Raja Negeri Soya sebisa mungkin merangkul seluruh masyarakat Negeri Soya agar keamanan, kenyamanan dan kedamaian bisa tecipta di negeri itu. DMS

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *