Walikota Launching Real Time PAPEDA

Ambon-Walikota Ambon, Richard Louhenapessy Jumat pagi, melaunching real time pengendalian pembangunan daerah (papeda) di balai kota Ambon.

Menurut Louhenapessy, real time pengendalian pembangunan daerah atau Papeda merupakan implementasi dari  harapan presiden Joko Widodo yang menyangkut dengan tata kelola pemerintahan di daerah.

Tata kelola  pemerintahan di daerah yang dimaksud harus benar-benar bersih dan transparan, sehingga melalui BPKP perwakilan Maluku, diselenggarakan program papeda dimaksud.  Diakui Louhenapessy, melalui program papeda, maka segala aktivitas kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh masing-masing SKPD dapat terpantau dan termonitor dengan jelas.

Diakuinya, program tersebut sangat sederhana, sebab dimana saja kepala daerah sedang berada dapat secara langsung memantau dan memonitor kinerja dari pimpinan SKPD lewat berbagai pembangunan yang dilakukan. Oleh sebab itu, kegiatan ini harus mendapat respon dari setiap SKPD guna dilakukan evaluasi.

Sementara itu, PLH kepala inspektorat kota Ambon, Eda Nanlohy menyatakan,kegiatan launching real time Papeda  bertujuan mendeteksi dini  pencegahan terhadap  kesalahan yang akan terjadi , karena ada fungsi antara pengendalan intern dari pemerintah daerah  kepada SKPD  guna mengetahui efisienasi dan efektivitas pembangunan sesuai dengan aturan yang berlaku menggunakan sistem elektronik.

Dijelaskannya, terkadang pada akhir tahun penyerapan anggaran belum selesai .Dicontohkannya, pada khir tahun realisasi anggaran inspektorat  harus berada diatas 30% namun  dalam kenyataan masih berada 10%, melalui real time program papeda walikota dapat memonitor langsung sehingga mencegah terjadinya kegiatan fiktif dalam setiap proses pembangunan dalam satu tahun.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *