Walikota Minta Laporan Penggunaan Dana Desa Segera Dimasukan

penggunaan dana desa tahun 2016

Ambon-Walikota Ambon Richards Louhenapessy, meminta agar Negeri dan Desa yang belum memasukan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana desa (DD) tahun 2016, segera  dimasukan.

Ketegasan ini disampaikan Louhenapessy, mengingat hingga November 2017, masih ada Negeri dan  Desa belum memasukan laporan pertanggungjawaban pengunaaan dana desa maupun alokasi dana desa yang dikucurkan baik oleh Pemerintah Pusat maupun Kabupaten/Kota

Louhenapessy mengakaui, belum dimasukanya laporan penggunana dana Desa membuat pemerintah kota kesulitan membuat pelaporan. penggunaan dana-dana tersebut

Louhenapessy memastikan, bagi Negeri atau Desa yang hingga akhir tahun belum memasukan laporan tersebut, maka alokasi dana desa tahun 2018 yang direncanakan sebesar Rp. 2 miliar terancam tidak dikucurkan.

Menurutnya Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemkot Ambon telah diminta untuk melakukan evaluasi sehubungan keterlambatan pelaporan DD.

Ia berharap, untuk tahun 2018 mendatang agar pelaporan penggunaan dana desa tidak lagi mengalami keterlambatan, oleh karena itu dirinya telah menginstruksikan kepada Badan Pemberdayaan masyarakat untuk turun langsung melakukan pendampingan baik untuk program maupun laporan penggunaan dana.

Sehubungan dengan penggunaan dana desa tahun 2016, setidaknya ada empat desa diperiksa khusus oleh  Inspektorat Kota Ambon. Pemeriksaan khusus diharapkan dalam waktu tidak terlalu lama sudah bisa selesai.

Penyebab keterlamtan pelaporang pertanggungjawaban karena sebagian besar SDM aparatur pengelola Dana Desa ini belum maksimal, demikian halnya pengelolaan pajak. Ketidakocokan Kepala Pemerintahan dan Saniri Negeri  juga berdampak pada pengelolaan Dana Desa tersebut serta tenaga pendamping yang belum maksimal.DMS

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *