Walikota Serahkan Dana PLPBK Lanjutan Dan Dana BLM Komputer

Ambon-Walikota Ambon, Richard Louhenapessy  menyerahkan bantuan Dana Penataan lingkungan pemukiman berbasis komunitas (PLPBK) lanjutan tahun 2015 sebesar Rp.1 Milyar kepada kelurahan Wainitu dan Bantuan Langsung Masyarakat ( BLM ) komputer kepada 50 Kelurahan  Desa di Kota Ambon.

 

Program Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan ( PNPM Mandiri Perkotaan ) sejak bulan Mei telah berubah menjadi Program Peningkatan Kualitas Kawasan Pemukiman ( P2PKP ) yang merupakan program pemerintah yang secara substansif berupaya dalam penanggulangan kemiskinan dan penataan kawasan melalui konsep memberdayakan masyarakat.

Walikota menambahkan, pemerintah kabupaten / kota memegang peranan penting agar tercapainya target 100 – 0 – 100 yaitu suatu terjemahan dari target untuk memberikan akses air minum 100%, mengurangi kawasan kumuh hingga 0 % dan menyediakan akses sanitasi layak 100 %.

Walikota berharap semua bantuan yang telah diterima dapat dimafaatkan secara sungguh – sungguh, maksimal dan bertanggung jawab untuk melaksanakan untuk  program PLPBK  pada Kelurahan dan desa di kota Ambon.

Sementara itu, Koordinator kota P2KKP, Petrus Tuny menambahkan, pengimplementasian bantuan dana BLM komputer kepada  50  BKM di kelurahan/desa di wilayah kota Ambon nantinya akan dipergunakan oleh BKM untuk pembelian 1 (satu) unit komputer dan printer dengan pagu maksimal Rp. 10.000.000,00 per BKM.

Dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) PLPBK bagi kelurahan/desa sebagai dana stimulan dan pembelajaran kepada masyarakat adalah sebesar  Rp.1.000.000.000,00. Diakuinya, dari alokasi tersebut pencairan dilakukan sebanyak dua tahap.

Tahap pertama sebesar Rp. 150.000.000,00 untuk dukungan perencanaan pengembangan kapasitas masyarakat, dukungan proses perencanaan dan pemasaran sosial, serta biaya penyusunan dan pengadaan dokumen Rencana Tindak Penataan Lingkungan Permukiman (RTPLP) dan DED Kegiatan.

Dana tahap kedua yang diperuntukan bagi pembangunan fisik sesuai perencanaan pada RTPLP dan DED sebesar Rp. 850.000.000,00 dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan lingkungan permukiman, prasarana, dan sarana di kawasan prioritas kegiatan PLPBK diharapkan mendukung Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2015-2019, “Gerakan 100- 0-100”. DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *