Warren Buffett Kehilangan Rp 9 Triliun dalam Sehari

Jakarta-Berinvestasi saham memang terkadang bikin jantung deg-degan. Ini juga dialami oleh orang terkaya nomor 3 dunia, Warren Buffett. Dalam sehari, kekayaan Buffett hilang US$ 712,9 juta, atau sekitar Rp 9 triliun karena anjloknya saham IBM.

Peristiwa ini terjadi pada Selasa lalu, saat saham IBM turun US$ 8,96/lembar, akibat laporan keuangan yang mengecewakan.

Dilansir dari CNBC, Jumat (24/7/2015), perusahaan milik Buffett, yaitu Berkshire Harthway memiliki 79,57 juta lembar saham IBM menurut data akhir Maret 2013. Buffett menjadi pemegang saham terbesar IBM.

Memang, Buffett berharap akan menghasilkan uang dari IBM tidak dalam jangka pendek, namun dalam jangka panjang.

Ini bukan kali pertama IBM membuat Berkshire rugi. Pada Oktober 2014 lalu, saham IBM juga turun karena pendapatannya jatuh.

Pada Senin awal pekan ini, IBM mengumumkan laba per sahamnya US$ 3,84 dan penjualannya US$ 20,81 miliar di kuartal II-2015. Kinerja laba per saham dan pendapatan ini turun 13% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Kondisi ini membuat saham IBM jatuh, dan ikut mengerek bursa Wall Street ke zona negatif pada perdagangan Selasa lalu. detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *